Rabu, 03 Oktober 2012

EXPERIENCE-SHARING BY RAHAYU DAMAYANTI



Pengalaman itu lebih dari “BELI 1 GRATIS 1”
Halo para mahasiswa fakultas ekonomi universitas udayana.
Pada part kali ini kita akan sharing tentang pengalaman.
Suatu ketika, ada kegiatan kemahasiswaan yang mencari banyak panitia di kampus. Kemudian darisana saya dan teman-teman mendaftar untuk menjadi bagian dari kepanitiaan.
Akhirnyaa, walllaa. Hanya sebagian kecil dari kami yang diterima. Dari atas sampai bawah mencari, akhirnya ada nama Sri Rahayu Damayanti dalam kepanitiaan. Syalalala sekali rasanya. Namun saya berpikir kembali, apakah saya mengikuti kepanitiaan hanya demi Satuan Kredit Parisipan (SKP) atau pengalaman? Well, saya memang membutuhkan keduanya ternyata. SKP untuk prasyarat kelulusan di Fakultas dan pengalaman untuk bekal soft skill saya kedepannya. Mendapatkan pengalaman dari mengikuti Kepanitiaan sebenarnya hampir sama dengan tag line “beli 1 gratis 1” di supermarket. Namun setelah saya brainstorming lagi, pengalaman itu more than that!
Ketika mengikuti kepanitiaan, banyak hal yang bisa dipelajari dari A sampai Z. Dari yang tidak bisa menulis surat, dari yang tidak  bisa merancang konsep kegiatan, bahkan yang susah bersosialisasi, di kepanitiaan kita bisa belajar semuanya guys. Proses pembelajaran yang kita alami akan menjadi sebuah pengalaman ketika kegiatan kepanitiaan telah usai. Apakah kalian terbayang berapa pengalaman yang kalian dapatkan dari hanya mengikuti 1 kepanitiaan? Uncounted!
Pengalaman itu lebih dari “beli 1 gratis 1”. Ketika mempunyai 1 pengalaman tidak hanya 1 manfaat yang bisa kita terima. Pengalaman yang kita dapatkan merupakan investasi kita kedepannya. Semakin banyak pengalaman, tentunya semakin banyak investasi. Semakin besar tantangan yang diberikan kedepannya akan semakin ringan bagi kita untuk mengatasinya ketika diri kita full of experience!
Pengalaman juga merupakan jaminan masa depan. Ga percaya? Let see the case. “ Dibutuhkan seorang accounting, usia minimal 20 tahun. Mampu bekerja keras dan ulet, mampu bekerja dalam tim serta memiliki pengalaman dalam berorganisasi, fresh graduate diutamakan”. Apa yang teman-teman bayangkan ketika ada lowongan seperti itu? Yes! That’s why experience become so important. Banyak perusahaan kini tidak hanya mencari calon pegawai hanya dengan melihat akademis (IPK) tapi non akademis seperti pengalaman berorganisasi juga dijadikan bahan pertimbangan. Bisa teman-teman bayangkan apa jadinya masa depan kita kalau kita minim akan pengalaman? Ya, tenggelam dalam persaingan.
Pengalaman adalah guru yang terbaik. Kenapa bisa dicetuskan kalimat seperti itu? Kenapa tidak uang adalah guru yang terbaik atau yang lain? Well, saya akan mengambil fakta diri saya. Suatu ketika saya pergi travelling bersama teman-teman ke Yogyakarta. Mampir ke Malioboro untuk shopping batik. Singgah di 1 toko saya membeli batik untuk perempuan seharga Rp. 35.000,- . Serasa melayang-layang murahnya! Tanpa pikir panjang langsung beli 3 batik. Setelah tidak lama berjalan, tengok ke kanan “Batik wanita murah cuma 20 ribu” Serasa terjun bebas dari becak. Nyesel senyesel nyeselnya. Dari sana saya belajar kalau jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dan ada baiknya melihat alternatif lain dahulu. Yang namanya “kalap” memang mengalahkan segalanya ya. Hehe. Simple kan contohnya. Pengalaman terkadang datang disaat yang tidak terduga termasuk dalam mengikuti kepanitiaan sekalipun. Pengalaman tidak selamanya kita rasakan. Namun ketika kita kembali dihadapkan kedalam permasalahan atau keadaan yang sama seperti yang dahulu pernah kita rasakan, ada perasaaan bahwa kita mampu mengantisipasi efek negatif dari keadaan tersebut dan itu berkat pengalaman. Experience is the best teacher!
Banyak manfaat yang dapat kita rasakan dari pengalaman guys! Ketika 1 pengalaman kita dapatkan tidak hanya 1 manfaat yang kita terima. Tanpa sadar kita melakukan investasi, mendapatkan jaminan hidup yang lebih baik serta mendapatkan guru yang terbaik. So, pengalaman itu lebih dari “beli 1 gratis 1” melainkan “beli 1 gratis banyak”
Gali kemampuan anda sebaik-baiknya demi masa depan anda! J

Semoga bermanfaat.
Salam extraordinary!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar