Minggu, 01 Juli 2012

CATATAN DARI KETUA BE SMFE UNUD “Tak Kenal Maka Tak Sayang” Juni 2012

CATATAN DARI KETUA BE SMFE UNUD
“Tak Kenal Maka Tak Sayang”
Juni, 2012

Setelah dilantik bersama dengan seluruh fungsionaris Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Udayana (SMFE UNUD) pada tanggal 10 Maret 2012 hal yang pertama kami lakukan adalah memantapkan masterplan Badan Eksekutif Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Udayana (BE SMFE UNUD) periode 2012 ini. Masterplan ini kami rancang dengan tujuan agar pada periode 2012 ini BE SMFE UNUD memiliki arah dan tujuan yang jelas dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Tidak menutup kemungkinan masterplan yang kami rancang dapat digunakan untuk periode berikutnya.  Dalam masterplan ini tertuang visi, misi dan tujuan dari BE SMFE UNUD. Untuk visi dan misi akan kami publikasikan di blog ini namun melalui postingan yang berbeda. Di masterplan ini kami juga merinci dengan membuat perencanaan untuk masing-masing bidang umum di BE SMFE UNUD. Pada perencanaan masing-masing bidang umum dirinci kembali job description masing-masing sie sehingga kedepannya bidang umum dapat menjalankan fungsinya masing-masing dengan baik. Hal ini menjadi penting bahwa BE SMFE UNUD tidak hanya fokus pada program kerja namun juga fokus untuk memberikan kontribusi pada civitas akademika FE UNUD ataupun masyarakat umum melalui peningkatan kinerja setiap bidang umumnya. Yang berikutnya dalam masterplan juga tertuang perencanaan program kerja BE SMFE UNUD 2012, pengembangan komunitas dan perencanaan lomba-lomba yang akan diikuti. Kemudian dalam masterplan juga dicantumkan ketentuan internal organisasi yang mengatur fungsionaris BE SMFE UNUD periode 2012 dan masterplan ini sudah disosialisasikan kepada fungsionaris BE SMFE UNUD periode 2012 melalui acara pembekalan fungsionaris yang telah kami laksanakan awal bulan Mei.
Untuk periode 2012 ini terjadi beberapa perubahan struktur organisasi salah satunya dengan mengembalikan posisi Wakil Ketua Umum III. Penambahan jumlah wakil ketua umum ini memiliki tujuan bahwa setiap wakil ketua akan membantu memberikan masukan kepada ketua umum untuk pengembangan setiap bidang. Jadi pada dasarnya setiap wakil ketua umum telah dibagi tugasnya untuk menghandle satu bidang umum. Kemudian wakil ketua umum juga memliki peran perencanaan, pendampingan dan evaluasi untuk setiap bidang umum di BE SMFE UNUD. Yang berikutnya adalah penghapusan sie seminar di bidang 1 dan menggantinya dengan sie humas yang selama ini ada di bidang III. Pemindahan sie ini didasari bahwa di bidang III sudah terlalu banyak sie dan semua sifatnya strategis. Sehingga untuk meningkatka kinerja sie humas kami memindahkannya ke bidang I yang setelah penghapusan sie seminar hanya memiliki dua sie. Pada periode ini kami serius dalam membangun suatu jalur komunikasi dari kami ke pihak eksternal organisasi baik itu intern FE UNUD ataupun ekstern FE UNUD kemudian juga dari pihak eksternal organisasi ke kami. Untuk itu kami telah membuat grup FB yang terbuka untuk umum yakni BE SMFE UNUD NEWS kemudian blog ini juga akan memudahkan kami melakukan transfer informasi dan untuk kritik dan saran yang sifatnya membangun bisa melalui email be.smfeunud@yahoo.com. Jika pada periode sebelumnya setiap program kerja membuat blog untuk tahun ini kami hanya menggunakan satu blog yang akan memudahkan pihak eksternal organisasi untuk mencari informasi mengenai BE SMFE UNUD.
Untuk periode 2012 ini kami tidak menambah jumlah program kerja karena kami merasa bahwa program kerja yang telah dilaksanakan pada periode sebelumnya masih relevan untuk dilaksanakan pada periode ini dan masih dapt dikembangkan kearah yang lebih baik lagi. Program kerja yang kami rancang semuaya telah memiliki perannya masing-masing yang dapat memberikan manfaat untuk civitas akademika FE UNUD ataupun masyarakat umum. Pada periode ini juga kami ingin mengembangkan komunitas yang telah ada, kami pun mengajak seluruh civitas akademika FE UNUD untuk ikut memberikan dukungan kepada komunitas SdE, Sepak Bola, Basket, E+ , dan Wida karena komunitas ini menjadi wadah untuk meningkatkan produktifitas dan kreativitas mahasiswa FE UNUD dan tentu saja mengharumkan nama FE UNUD melalui lomba-lomba ataupun kegiatan-kegiatan yang mereka ikuti.
Tulisan ini sebenarnya ingin saya buat buat setiap awal bulan yang berisikan pemikiran-pemikirin kami di BE SMFE UNUD, kegiatan yang kami laksanakan ataupun isu-isu di bulan sebelumnya dan rencana kerja kami satu bulan kedepannya. Namun, karena ada beberapa kendala baru bulan Juni tulisan ini dipublikasikan, semoga setiap bulannya saya selaku Ketua Umum BE SMFE UNUD mewakili seluruh fungsionaris BE SMFE UNUD periode 2012 dapat membuat tulisan seperti ini sehingga mahasiswa FE UNUD ataupun pihak-pihak lainnya dapat membaca pemikiran ataupun kegiatan-kegiatan kami dan dapat memberikan masukan untuk kebaikan BE SMFE UNUD ataupun FE UNUD.
Pada bulan Maret setelah dilantik kami langsung merancang masterplan yang mencakup program kerja BE SMFE UNUD periode 2012 yang akan dibahas di Rapat Kerja Gabungan SMFE UNUD (Rakergab SMFE UNUD) pada bulan ini kami lebih banyak melakukan koordinasi internal. Kemudian pada bulan April kami mengadakan Rakergab SMFE UNUD dan mengesahkan seluruh program kerja SMFE UNUD periode 2012. Tanggal 6 April 2012 kami bersama fungsionaris SMFE UNUD lainnya melakukan tirta yatra ke Pura Lempuyang untuk memohon doa agar selama satu periode kedepan kami dapat menjalankan tugas dengan baik. Dan berikutnya pada bulan April ini ada UTS sehingga tidak banyak kegiatan yang dapat kami lakukan. Diakhir bulan April Tim Futsal FE UNUD mengikuti kompetisi futsal Dekan Cup Law Futsal Competition yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Warmadewa dan tim Futsal FE Unud berhasil meraih juara I kategori prlajar dan juara umum. Kemudian dilanjutkan dengan perlombaan Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas dimana mahasiswi FE UNUD berhasil meraih juara III.
Memasuki bulan Mei diawali pada tanggal 6 Mei 2012 kami mengadakan pembekalan Fungsionaris BE SMFE UNUD dimana kegiatan ini menyosialisasikan AD/ART dan Masterplan BE SMFE UNUD serta adanya pembentukan karakter untuk Fungsionaris BE SMFE UNUD. Pada bulan Mei tim Gambler FE yang merupakan Juara I Liga Ekonomi XIV mewakili FE UNUD dalam Kompetisi Liga Bukit 2012 dan berhasil memperoleh Juara I. Tim Baket FE UNUD juga berjuang dalam kompetisi Hippocrates Cup yang diselenggarakan oleh FK UNUD. Komunitas SdE juga mengikuti lomba Pekan Ilmiah Mahasiswa yang dilenggarakan oleh FH UNUD dan meraih juara I dan juara II kategori essay dan Juara I serta Juara III kategori debat. SdE juga meraih juara II dan Juara III pada Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Nasional. Untuk pretasi yang berhasil diraih dalam kurun waktu April dan Mei akan dipublikasikan lebih rinci di postingan lain pada blog ini. Dan pada tanggal 21 Mei 2012 kami menyelenggarakan Yudisium Bersama XXI.
Pada bulan Juni ini dibuka dengan workshop 3rd EQUITECH dimana kegiatan bertema kewirausahaan ini memasuki tahun ketiga dan dilakukannya pemantapan dan pengembangan konsep. Untuk tahun ini EQUITECH dibagi menjadi dua lomba, lomba pertama Entrepreneur Challenge dimana pada lomba ini tiga tim dengan proposal bisnis terbaik akan memperoleh stimulus modal dan wajib menjalankan rencana bisnisnya dalam kurun waktu 6 bulan. Lomba ini dikhususkan untuk peserta regional Bali. Lomba kedua Marketing Challenge dimana ini merupakan lomba baru dan dibuka untuk mahasiswa se-Indonesia. Pada marketing Challenge ini mahasiswa ditantang untuk membuat perencanaan pemasaran dari kasus yang diberikan oleh panitia. Di bulan Juni ini akan dilaksanakan UAS sehingga kedepannya yang kami lakukan adalah mempersiapkan beberapa kegiatan seperti Semnas, EBL, workshop ETeC dan lain sebagainya. Pada bulan ini kami juga mempersiapakan panitia dan konsep kegiatan untuk kegiatan sosialisasi almamater yang diperuntukan untuk Mahasiswa Baru FE UNUD.
Demikian yang dapat saya sampaikan untuk pelaksnaan kegiatan BE SMFE UNUD dari bulan Maret-Mei 2012 dan rencana kegiatan kami untuk Juni 2012. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh civitas akademika FE UNUD dan pihak-pihak ekstern FE UNUD, sehingga tidak ada istilah BE SMFE UNUD adalah lembaga kemahasiswaan yang bersifat ekslusif. Sesuai dengan judul dari tulisan ini yakni “Tak Kenal Maka Tak Sayang” kami mengajak seluruh civitas akademika FE UNUD ataupun pihak-pihak lainnya untuk lebih mengenal BE SMFE UNUD sehingga ke depannya mahasiswa FE UNUD dapat merasakan manfaat dari keberadaan BE SMFE UNUD. Dan nantinya BE SMFE UNUD dapat memiliki peran dalam meningkatkan kualitas mahasiswa FE UNUD dan meningkatkan citra FE UNUD baik di tingkat regional maupun nasional.   Melalui blog dan tulisan ini kami ingin membagikan segala informasi yang kami miliki dan kami mengajak semua pihak untuk memberikan kritikan dan saran yang sifatnya membangun tidak hanya untuk kebaikan BE SMFE UNUD namun juga untuk kemajuan Fakultas Ekonomi yang sangat kita banggakan. JAYALAH SELALU EKONOMI UDAYANA..!!


A.A.Ngr.Kameswara Suryawarman
Ketua Umum BE SMFE UNUD periode 2012       

2 komentar:

  1. salut untuk temen2 BE SMFE dalam.progress dan kinerjanya..
    terutama keaktifannya dalam partisipasi di hal hal terkait isu,permasalahan mahasiswa,khususnya ekonom kemarin..
    yang memang sebenarnya hal tersebut dijalankan oleh badan legislatif..

    sukses ,jaya ekonomi !

    BalasHapus